Jumat, 03 Juni 2011

Sejarah berdirinya GAMMA (Gabungan Mahasiswa Muslim Fisika) UIN Jakarta

Sejarah Singkat GAMMA UIN JKT

Himpunan mahasiswa Pendidikan Fisika yang akan kita kenalkan ini ternyata memiliki sejarah yang menarik dan patut kita ketahui. Tanggal pasti berdirinya masih dalam pembicaraan, namun dari beberapa sumber dan prediksi maka sejarah singkat berdirinya GAMMA adalah sebagai berikut.
Himpunan ini pertama kali lahir dilatar belakangi oleh sekumpulan mahasiswa Pendidikan Fisika yang melaksanakan aktifitas positif selain aktifitas kuliah. Dari beberapa pemikiran akhirnya dibentuklah sebuah wadah yang disebut GAMMA (Gabungan Mahasiswa  Muslim Fisika) UIN JKT. Organisasi ini memiliki tujuan yang mulia yaitu untuk mewadahi aktivitas mahasiswa Pendidikan Fisika dan membantu mahasiswa Pendidikan Fisika dalam segala bidang. Organisasi ini melaksanakan kegiatan untuk mewadahi segala aspirasi mahasiswa Pendidikan Fisika baik dalam bidang akademik atau sosial. Organisasi ini mudah-mudahan menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi yang lahir dari penjelmaan aspirasi mahasiswa dan melaksanakan kegiatan untuk mahasiswa. GAMMA merupakan organisasi jurusan pendidikan Pendidikan Fisika  yang menjadi salah satu himpunan yang eksis berjuang untuk mahasiswa dan itu akan  dibuktikan mulai saekarang.
Himpunan mahasiswa Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam  UIN Jakarta berdiri sejak diresmikan dalam Musyawarah Mahasiswa Fisika (M2F) tanggal . . . .  atas kesepakatan seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika Jurusan PIPA FTIK UIN JKT. Organisasi ini terdiri dari enam divisi, yaitu Divisi Penelitian dan Pengembangan, Divisi Pendidikan dan Kebudayaan, Divisi Informasi dan Komunikasi, Divisi Organisasi dan Pengkaderan, Divisi Olahraga Seni dan Kewirausahaan serta Divisi Dakwah & Keagamaan

Latar Belakang Berdirinya GAMMA UIN JKT

Mahasiswa merupakan sumber daya pembangunan nasional untuk mencapai cita-cita kemerdekaan yaitu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang propesional, maka mahasiswa perlu suatu wadah aspirasi sebagai sarana yang mampu memfasilitasi hak-hak dan kewajibannya untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan.
Himpunan mahasiswa Pendidikan Fisika merupakan salah satu organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan yang berkompetensi dalam bidang profesi dan manajemen. Sebagai wadah penghimpun aspirasi mahasiswa fisika, maka melalui GAMMA UIN JKT, menjadi langkah untuk menjalankan roda kepemimpinan sebuah organisasi mahasiswa di lingkungan FTIK UIN JKT.
Sejak dini mahasiswa fisika dilatih untuk membekali diri, tidak hanya dengan kemampuan pengetahuan akademis saja. Mahasiswa juga dibekali kemampuan manajemen melalui kegiatan berorganisasi, Karena dalam organisasi kemahasiswaan akan diajarkan managerial, kepemimpinan, sosial akademik, sehingga mahasiswa dapat menemukan jati dirinya sebagai ”Agent of Change”.
Maka menanggapi hal itu dibentuklah suatu forum penyaluran aspirasi dalam GAMMA UIN JKT yang merupakan suatu organisasi mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan yang luhur, kritis dan dinamis.

Tujuan Berdirinya GAMMA UIN JKT

Tujuan dari didirikannya GAMMA UIN JKT adalah sebagai berikut :
  • Membina insan akademis yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan yang Maha Esa serta berbudi luhur, terampil, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian mantap dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap masyarakat.
  • Terciptanya kerjasama antar civitas akademika dengan berdasarkan kepada semangat kekeluargaan dan kebersamaan.
  • Terciptanya kehidupan kampus yang religius, dinamis, kritis, demokratis dan komunikatif.

1 komentar:

laboran mengatakan...

cool women

Posting Komentar

berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.